Get Creative in the Corel Asia-Pacific Digital Art Competition 2010!

Win Big Prizes. From now until August 31, 2010, strut your creative stuff with Corel software in one of Asia’s richest digital art competitions. Submit video, graphics and more to WIN. Grand Prize worth US$10,000. Lucky Draw prizes for voting and sharing the news. Find out at www.corel.com/apac-contest

Monday, August 20, 2007

Instalasi Ubuntu 7.04 (Feisty Fawn) pada OS X dengan Parallels Desktop 3.0

< Translated from the original in the http://www.simplehelp.net/2007/08/15/
how-to-install-ubuntu-feisty-fawn-in-os-x-using-parallels-desktop-30-
a-complete-walkthrough/>

Tutorial ini akan membimbing anda tahapan2x yang harus dilakukan dalam melakukan proses instalasi Ubuntu 7.04 (Feisty Fawn) dengan menggunakan Parallels Desktop 3.0 (Build 4128) pada OS X.

1. Tutorial ini ditujukan untuk...
2. Latar Belakang
3. Melakukan Setting di Parallels untuk instalasi Ubuntu
4. Proses Instalasi Ubuntu
5. Proses Instalasi Tools dari Parallels di Ubuntu


Tutorial ini ditujukan untuk...

Tutorial ini ditujukan untuk siapa saja yang memiliki Mac berbasis prosesor Intel, yang sangat tertarik untuk menggunakan sistem operasi Linux - khususnya Ubuntu, dan memiliki sedikitnya 1 jam waktu luang untuk melakukan proses instalasi (tidak termasuk waktu yang digunakan untuk melakukan download Ubuntu).

Langkah2x dan screenshot yang digunakan pada tutorial ini adalah dengan menggunakan Parallels Desktop 3.0 (Build 4128) yang berjalan pada MacBook Pro dengan OS X (10.4.10). Dengan kata lain, akan hampir mirip jika anda memiliki sebuah Mac Pro, Mac Mini, MacBook atau Apple Mac apapun yang berbasis prosesor Intel.

Latar Belakang

Ubuntu adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux yang merupakan program bebas (free) dan dengan kode sumber yang terbuka (open source) yang sangat fokus kepada penggunanya (user) dan kemudahan penggunaannya. Pada saat anda selesai melakukan proses instalasi Ubuntu, sistem anda dapat langsung digunakan dengan mudah. Pada layar monitor anda, anda akan mendapatkan serangkaian aplikasi2x untuk produktivitas perkantoran, aplikasi2x untuk pemanfaatan internet, aplikasi2x untuk membuat gambar dan desain grafis, dan aplikasi2x permainan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Ubuntu, kunjungi situsnya di http://www.ubuntu.com/ubuntu.

Seperti yang sudah anda ketahui, kami di Simplehelp sering merekomendasikan sebuah software, dan hampir selalu merupakan software2x yang bebas untuk digunakan. Tetapi Parallels bukanlah sebuah software yang bebas digunakan, tetapi harga yang kita bayar sesuai dengan manfaatnya. Parallels akan mengijinkan anda untuk menjalankan sistem operasi lain (dalam hal ini Ubuntu) pada Mac anda - tanpa perlu khawatir akan kehilangan setting2x pada OS X, dokumen2x atau file2x yang anda miliki. Dan jika anda tidak menyukai sistem operasi yang baru anda install anda tinggal membuangnya ke tempat sampah (trash) dan kembali ke kondisi semula. Salah satu manfaat utama dari penggunaan Parallels ini adalah anda dapat menjalankan sistem operasi lain (dalam hal ini Ubuntu) pada saat yang bersamaan dengan sistem operasi OS X. Anda tidak perlu melakukan restart pada komputer anda setiap kali anda akan berpindah dari sistem operasi OS X ke Ubuntu atau sebaliknya.
Lebih jauh mengenai Parallels dapat dilihat disini: http://www.parallels.com/en/products/desktop/.


Sebelum anda memulai - pastikan anda sudah mendownload Ubuntu dari http://www.ubuntu.com/download. File yang harus anda download (pada saat ini, 8/15/07) adalah ubuntu-7.04-desktop-i386.iso. Juga, pastikan Parallels Desktop 3.0 sudah terinstal pada Mac anda.


Melakukan Setting di Parallels untuk instalasi Ubuntu

  1. Jika ini adalah saat pertama kali anda menggunakan Parallels, maka tampilan dari Wizard akan muncul secara otomatis. Jika bukan merupakan saat yang pertama kalinya anda menggunakan Parallels, tampilkan Wizard dengan memilih File -> New…
  2. parallels desktop 3 and ubuntu

  3. Pilih Custom dan kemudian klik tombol Next >.
  4. parallels desktop 3 and ubuntu

  5. Pada OS Type: pilih Linux dan pada OS Version: pilih Other Linux kernel 2.6. Klik Next > untuk melanjutkan.
  6. parallels desktop 3 and ubuntu

  7. Jumlah default dari memory (RAM) adalah 256MB. Saya menyarankan agar dinaikan menjadi 512MB dengan asumsi MacBook Pro memiliki memory sebesar 2GB. Setelah itu, klik Next >.
  8. parallels desktop 3 and ubuntu

  9. Pilih Create a new hard disk image dan kemudian, klik Next >.
  10. parallels desktop 3 and ubuntu

  11. Ukuaran default dari virtual hard disk akan diset pada 32000MB (sekitar 32GB). Dianjurkan untuk memilih pilihan Expanding virtual hard disk, anda tidak akan langsung menggunakan 32000MB, Parallels akan mengalokasikan ruang hard disk sesuai dengan kebutuhannya, sampai dengan maksimum 32000MB. Pilihan default adalah yang terbaik. Klik Next > setelah anda melakukan pilihan.
  12. parallels desktop 3 and ubuntu

  13. Saya menggunakan pilhan Shared Networking sebagai pilihan jaringan, tetapi anda dapat memilih pilihan lain sesuai dengan kebutuhan anda. Klik Next >.
  14. parallels desktop 3 and ubuntu

  15. Kemudian berikan sebuah nama untuk virtual machine ini. Jika anda klik pada simbol segitiga More Options, anda juga dapat memilih dimana file2x dari virtual machine akan disimpan, dan apakah Parallels akan membuat sebuah shortcut untuk Ubuntu pada desktop. Klik Next >.
  16. parallels desktop 3 and ubuntu

  17. Disini anda harus memutuskan jika anda ingin mengalokasikan peningkatan kinerja dari virtual machine (dalam hal ini Ubuntu) atau OS X-nya - pada saat virtual machine sedang berjalan. Setelah anda melakukan pilihan, klik Next >.
  18. parallels desktop 3 and ubuntu

  19. Klik More Options dan pilih ISO image. Kemudian klik tombol Choose… .
  20. parallels desktop 3 and ubuntu

  21. Carilah lokasi dari file .isoUbuntu (ubuntu-7.04-desktop-i386.iso), pilih dan klik Open.
  22. parallels desktop 3 and ubuntu

  23. Pastikan Start Linux Kernel 2.6 installation sudah anda pilih, dan kemudian klik Finish.
  24. parallels desktop 3 and ubuntu

  25. Ubuntu akan melakukan proses boot untuk pertama kalinya.
  26. parallels desktop 3 and ubuntu

  27. Klik didalam window Parallels, pastikan pilihan pada Start or install Ubuntu, dan tekan tombol enter pada keyboard.
  28. parallels desktop 3 and ubuntu

  29. Jangan hiraukan tampilan yang terlihat pada layar monitor anda, ini akan berlangsung selama 20-30 detik.
  30. parallels desktop 3 and ubuntu

  31. Sistem operasi Ubuntu akan terlihat. Karena file .iso yang anda download adalah sebuah image “Live”, anda dapat langsung mencoba untuk menggunakan sistem operasi ini. Jika anda tidak terhubung ke Internet…
  32. parallels desktop 3 and ubuntu

  33. Pilih icon Network dari sisi kanan menu bar. Pilih Wired Network dan anda akan langsung terhubung ke Internet melalui OS X.
  34. parallels desktop 3 and ubuntu

Proses Instalasi Ubuntu

  1. Pada saat anda siap untuk melakukan proses instalasi Ubuntu, double-click icon Install pada desktop Ubuntu anda.
  2. parallels desktop 3 and ubuntu

  3. Pilih bahasa yang akan anda gunakan dari daftar yang ada di kolom sebelah kiri dan klik Forward.
  4. parallels desktop 3 and ubuntu

  5. Pilih kota yang terdekat dengan lokasi anda dari daftar Selected city: dan kemudian klik Forward.
  6. parallels desktop 3 and ubuntu

  7. Pilih jenisa dari layout keyboard yang akan anda gunakan, dan kemudian klik Forward.
  8. parallels desktop 3 and ubuntu

  9. Pastikan Guided - use entire disk dan SCSI1 sudah terpilih (ini adalah pilihan default).
  10. parallels desktop 3 and ubuntu

  11. Tidak ada yang perlu anda import, langsung klik Forward
  12. parallels desktop 3 and ubuntu

  13. Masukan nama anda pada Name, nama yang akan anda gunakan untuk proses login, sebuah password dan nama dari komputer Ubuntu anda ditempat yang disediakan. Sekali lagi, klik Forward.
  14. parallels desktop 3 and ubuntu

  15. Dan akhirnya, klik tombol Install.
  16. parallels desktop 3 and ubuntu

  17. Ambilah secangkir kopi atau minuman lain pilihan anda. Proses ini akan berlangsung selama beberapa saat.
  18. parallels desktop 3 and ubuntu

  19. Pada saat proses instalasi selesai, pilih Continue using the live CD, jangan pilih Restart now (karena kita akan melakukan beberapa perubahan sebelum menggunakan sistem operasi Ubuntu ini).
  20. parallels desktop 3 and ubuntu

  21. Matikan Ubuntu dengan malakukan klik pada tombol merah “Log off” pada bagian kanan atas dari desktop Ubuntu.
  22. parallels desktop 3 and ubuntu

  23. Kemudian pilih Shut Down dari menu.
  24. parallels desktop 3 and ubuntu

  25. Jangan hiraukan jika sistem operasi Ubuntu anda terlihat seperti berhenti bekerja/hang, dan tampilan layar terlihat kacau. Gunakan tombol combo pada keyboard untuk melepaskan fokus dari keyboard dan mouse dari sistem operasi Ubuntu (dan akan terlihat pada sisi kiri bawah dari window Parallels). Gunakan tombol kotak merah Stop Virtual Machine untuk mematikan sistem operasi Ubuntu.
  26. parallels desktop 3 and ubuntu

  27. Kembali ke window konfigurasi dari Ubuntu, klik link Configuration.
  28. parallels desktop 3 and ubuntu

  29. Pilih CD/DVD-ROM 1 dari kolom sebelah kiri. Pada frame bagian kanan dari Configuration Editor, pilih Use CD/DVD-ROM. Klik OK.
  30. parallels desktop 3 and ubuntu

Proses Instalasi Tools dari Parallels di Ubuntu

  1. Nyalakan kembali sistem operasi Ubuntu, dan setelah anda mendapatkan tampilan desktop Ubuntu, gunakan tombol combo pada keyboard untuk mengembalikan fokus dari keyboard dan mouse ke sistem operasi OS X. Pilih Actions dari menu di Parallels, dan pilih Install Parallels Tools… dari daftar menu yang terlihat.
  2. install parallels tools in ubuntu ubuntu

  3. Anda akan melihat pesan peringatan (warning/about). Klik OK untuk menutupnya (setelah anda membaca isi pesan tersebut tentunya).
  4. install parallels tools in ubuntu ubuntu

  5. Kembali ke sistem operasi Ubuntu, sebuah wondow File Browser akan terlihat. Abaikan saja untuk saat ini.
  6. install parallels tools in ubuntu ubuntu

  7. Pilih Applications -> Accessories dan kemudian Terminal.
  8. install parallels tools in ubuntu ubuntu

  9. Ketikkan perintah dibawah ini:
    sudo sh /cdrom/parallels-tools.run

    dan ketikkan password anda jika diminta. Setelah beberapa saat, anda akan kembali ke command prompt. Pastikan bahwa Please restart your Xserver or reboot whole VM tertulis dibaris atas dari command prompt, dan kemudian tutup window Terminal. Tekan ctrl + alt + delete untuk melakukan restart dari Xserver (atau gunakan tombol log out). Pada saat anda melakukan proses sign in kembali, anda dapat memindahkan mouse (dan fokus keyboard) anda masuk dan keluar dari window Ubuntu/Parallels tanpa harus menggunakan tombol combo pada keyboard.

    install parallels tools in ubuntu ubuntu

No comments: